Iklan Adsense Tidak Tayang Sama Sekali Untuk Target Web Bule

Teknodesain.info - Sedikit ingin menulis tentang keresahan hati ini, yang mungkin dirasakan oleh kamu-kamu yang sedang baca ini, dan yang bikin para internet martketer terutama yang berkecimpung dalam dunia per-Adsense-an menjadi galau dan ingin mencari solusi bagaimana mengatasinya, bahkan mungkin sampai ingin pindah hati ke selain adsense...mungkin kali ya... 😛

Adsense merupakan salah satu media yang dapat digunakan para blogger untuk menghasilkan uang lewat websitenya baik yang web berbahasa indonesia maupun web berbahasa inggris tentunya.
Dan akhir-akhir ini semenjak akhir tahun lalu sampai sekarang awal tahun hingga artikel ini ditulis pun keadaanya masih menggalaukan menurut saya, karena apa ??? yaaa....sesuai judul artikel ini "iklan adsense tidak tayang sama sekali untuk web luar/bule".

Menurut analisa saya...analisa newbie maksudnya.....
iklan adsense tak muncul sama sekali atau bahkan ada yang muncul ada juga yang tidak dalam website yang sama, mungkin dan saya yakin banyak yang megalaminya. semisal dalam satu artikel post dipasang 3 unit iklan adsense dan 1 unit iklan pada home page/halaman utama, contohnya :

1. Iklan ukuran responsive
2. Iklan teks
3. Ukuran rectangle 336 x 280

Sepengalaman newbie (saya) dari akhir tahun kemarin sudah mulai muncul tanda-tanda ini, dengan nilai CPC (Cost Per Click) yang menurun dan tidak munculnya salah satu unit iklan dalam postingan, misal : iklan responsive muncul dan 2 iklan lainnya hilang, atau 1 iklan hilang dan 2 iklan lainnya muncul,,,ini akhir tahun loh ya...awal tahun sampe pertengahan januari ada peningkatan, alhamdulilah.....
Tapi tunggu dulu.... alhamdulillah nya yang mengalami peningkatan itu tambah hilang iklannya maksudnya,,,hehe 😀 tambah ancuur penghasilan turun daah.

Dari awal tahun sampai pertengahan bulan januari ini saya rutin post tiap hari untuk web bule, dan saya perhatikan-perhatikan, ada yang beda dari biasanya dan ini dialami oleh publisher lainnya yang punya web bule, kalau indo si aman-aman aja, iklannya muncul terus. yang bule ini lhoooo....😘

Dari sinilah... dari rutin posting, cek website, cek halaman postingan, cek iklan juga tayang apa nggaknya...dan dari situ saya ingin menuliskan poin-poin nya disini, ini menurut analisa newbie seperti saya loh ya.... dan bagaimana cara saya mengatasi iklan adsense yang tidak tayang sama sekali.

  1. Iklan tidak muncul pada postingan baru, yang baru saja di publish dalam kurun waktu belum 24 jam.
  2. Iklan adsense muncul pada tampilan home page saja, sedangkan kalau kita buka artikel yang baru di publish hasilnya "blank".
  3. Iklan adsense muncul pada artikel yang populer atau yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung, silahkan cek sendiri di webnya masing-masing ya.
  4. Cara mengatasi iklan adsense yang tak tayang, biasanya google butuh waktu untuk meng-crawl halaman website kita yang baru di publish. Dengan cara melakukan submit ke webmaster atau fetch as google, biar cepat di crawl oleh spider google dan cepet terindex juga. ini saya lakukan setiap kali saya publish artikel baru untuk bule.
  5. Setelah disubmit ke webmaster tools, biarkan artikel selama seminggu, inshaAlloh iklan akan tayang setelah submit url dan dibiarkan selama 1 minggu. Ini berdasarkan pengalaman newbie seperti saya.
  6. Iklan akan lebih sering muncul pada halaman yang telah banyak pengunjungnya atau sudah lama tanggal publish dan indexnya, pada kondisi sekarang ini yang biasanya iklan akan muncul semua pada psot baru maupun lama, iya ini kalau normalnya.
Dan mungkin itu yang ingin newbie tuliskan pada artikel ini, dengan pengalaman pribadi newbie seperti saya. Dan tetap konsisten saya ngeblog walaupun hasil bulan januari pasti banyak yang menurun. 

Dan btw menurut para mastah-mastah yang saya kenal dan mastah-mastah tersebut tidak kenal saya, banyak yang menyimpulkan bahwa hal ini berkaitan dengan menurunnya penghasilan dan CPC turun bahkan iklan sampai tak tayang sama sekali, ini merupakan hal wajar dan biasa katanya pada akhir tahun dan awal tahun baru khususnya yang main web luar negeri/bule, dikarenakan para advertiser/pengiklan sedikit, karena libur panjang akhir tahun dan tahun baru dimana orang-banyak yang liburan bersantai dengan keluarga sehingga jarang buka internet kali ya...😁

Jadi....tetep semangat menyongsong awal tahun baru ini, dan sekian tulisan yang amburadul ini dari newbie, semoga sharingnya bermanfaat dan tidak membuat para publisher adsense galau lagi...😂
LihatTutupKomentar