Tips Mudah Mengatasi Kertas Yang Macet Pada Semua Jenis Printer

Teknodesain.info - Mengalami kertas yang macet tidak bisa print atau kertas tiba-tiba tidak bisa keluar saat print dokumen berlangsung, hal ini menjadi sesuatu yang menyebalkan karena dapat menghambat pekerjaan dan waktu juga akhirnya tersita untuk mengurus printer yang error.

Kertas macet pada saat mencetak atau sering disebut dengan paper jam, dimana kondisi ini sering terjadi tiba-tiba saat mencetak printer kertas gagal keluar dari printer dan ini terjadi pada semua jenis printer mulai dari jenis priner dot matrix, printer ink jet, maupun printer laser jet.

Tips Mudah Mengatasi Kertas Yang Macet Pada Semua Jenis Printer
Tips Mudah Mengatasi Kertas Yang Macet Pada Semua Jenis Printer

Hal pertama yang kamu lakukan jika mengalami printer macet akibat kertas yang tersangkut didalam printer adalah sebagai berikut:

1. Buka Penutup Printer Pada Bagian Atas

Pada semua printer pasti ada penutup printer ini, tinggal dibuka sampai keliatan bagian Head/Toner/Catridge yang terdapat didalam printer.

2. Jangan Manarik Kertas Yang Tersangkut Di Dalam Printer Secara Paksa

Hal ini penting untuk diperhatikan karena pada bagian ini, jika kamu menarik paksa kertas yang tersangkut didalam dikhawatirkan kertas tersebut malah sobek dan meninggalkan sobekan kertas tadi didalam roller printer, sehingga malah mempersulit pengambilan kertas yang tersangkut karena berupa sobekan bahkan serpihan kertas.

3. Bersihakan Roller Penggulung Kertas Yang Ada Di Dalam Printer

Jika ada sobekan kertas atau serpihan kertas yang tersangkut pada roller penggulung, ambilah kertas tersebut dengan hati-hati jangan sampai sobek lagi. Bila perlu gunakan bantuan alat seperti gunting yang kecil atau pinset.

4. Pastikan Tidak Ada Kertas/Serpihan Kertas Yang Tersangkut Di Roller Penggulung

Cek Kembali di dalam printer yang paper jam tidak ada lagi kertas atau serpihan yang tertinggal didalamnya, karena kalau masih ada sisa maka sensor pembaca pada printer akan membaca bahwa printer masih menganggap masih ada sisa kertas yang tersangkut dan akan tetap error, setelah di pastikan bersih cobalah nyalakan kembali biasanya sudah normal kembali.

LihatTutupKomentar