Tips Ampuh Mengatasi Processor Yang Cepat Panas Akibat Penggunaan Berlebih

Teknodesain.info - Processor komputer kamu cepat panas dan efeknya komputer atau laptop pun jadi lelet banget loadingnya. Iyaap kali ini saya coba posting pengalaman saya untuk mengatasi masalah ini, yang kita ketahui dari dulu 2 brand besar processor yaitu Intel dan AMD, dan luar biasanya masih melekat kuat imagenya bahwa AMD processor yang cepat panas kalau dilihat dari suhu processor.

Tenang ada beberapa tips yang bisa saya berikan yang insyaallah bisa menangani panasnya processor yang bikin komputer atau laptop mu ngelag dan lama loading nya.


1. Ganti Pasta Processor Yang Lebih Berkelas

Iyaap...pasta processor ini berperan penting dalam mendinginkan si otak komputer, karena diletakkan tepat diatas processor sebagai perantara ke heatsink fan, carilah pasta processor yang berkelas dalam artinya jangan beli pasta harga 15 ribuan atau 10 ribuan atau bahkan yang 5 ribuan..aduhh ampun itu pasta processor apa salep kulit ?.
Beli lah pasta yang agak mahalan dikit minimal harga 40 ribuan keatas, semakin mahal ya semakin bagus kualitasnya dalam mendinginkan si otak komputer mu.


2. Ganti Heatsink Bawaan Dengan Custom Heatsink

Opsi kedua ini lumayan awet untuk jangka waktu yang lama, kenapa ???
Dengan mengganti heatsink fan bawaan processor yang terkenal ukurannya kecil sebagai standar bawaannya. Pakailah atau beli custom heatsink yang bagus kalau bisa yang dual fan juga boleh, sampingya ada dua kipas, 1 fan in (udara masuk melewati heatsink), 1 nya lagi fan out (mengeluarkan panas heatsink).
Untuk pemilihan  custom heatsink yang lumayan bagus di range harga 200 ribu sampai 700 ribuan ya tentunya yang lebih mahal pastinya lebih keren dong...mungkin bisa sebagai referensi seperi merk Enermax, Gammax, Deepcool, Thor Hammer dan lain-lainnya.


3. Ganti Pendingin Biasa Dengan Water Cooling

Nah ini yang lebih mahal lagi, tapi yang jelas ini efeknya lebih adem lagi, biasanya si ini kelas atas orang yang suka moding komputer nya biar keren dan para gamer-gamer grafis berat pakai pendingin yang kayak gini, karena menggunakan cairan dan cairannya pun khusus bukan cairan biasa apa lagi cairan air sumur. Untuk harga di range dari haga 700 ribuan ke atas, dan biasanya di kuasai oleh merk-merk besar terkenal seperti, Corsair yang sudah membumi.


Nah mungkin itu 3 tips yang bisa kamu gunakan untuk mendinginkan processor sebagai otak komputer yang bertugas memproses semua data agar gak lelet alias lemod, dan kalau otak kamu yang panas karena mikirin masalah hidup, tenang....sholatlah. 
Sekian...
LihatTutupKomentar